• Kamis, 1 Desember 2022

Inflasi Provinsi Jambi Capai 8,09 Persen, Ini Penyebabnya

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 11:06 WIB
Kepala BPS Provinsi Jambi, Agus sudibyo saat memaparkan agenda bulanan.  (Surya Pratama )
Kepala BPS Provinsi Jambi, Agus sudibyo saat memaparkan agenda bulanan. (Surya Pratama )

JAMBI - Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi inflasi di Provinsi Jambi secara year on year atau perbandingan dari bulan September tahun 2021 lalu menyentuh angka 8,09 persen pada September 2022. 

Sementara itu, dari Agustus 2022 lalu inflasi di Provinsi Jambi mengalami kenaikan 0,61 persen.

Baca Juga: 27 Terlapor Perkara Minyak Goreng yang Diselidiki KPPU Masuk Tahap Persidangan, 1 Perusahaan dari Jambi

Inflasi di kota Jambi mengalami kenaikan sebesar 0,55 persen dari bulan sebelumnya dan secara year on year adalah 8,04 persen, sementara Kabupaten Bungo mengalami inflasi sebesar 1,10 persen dari bulan sebelumnya dan secara year on year adalah sebesar 8,51 persen. 

Kepala BPS Provinsi Jambi, Agus Sudibyo mengatakan komoditi penyumbang inflasi terbesar adalah Bensin, Solar, beras dan kenaikan tarif angkutan.

"Harga beras ini juga harus diwaspadai oleh pemerintah karena diketahui menjadi komoditi penyumbang inflasi yang cukup besar,"ujarnya

Baca Juga: Google Alphabet Hentikan Layanan Google Translate di Daratan Tiongkok dengan Alasan Penggunaan Rendah di Sana

Sementara itu, setelah dilakukan operasi besar-besaran Cabai merah hingga minyak goreng diketahui tidak penyumbang inflasi kali ini alias negatif.

"Tentu butuh kerjasama stakeholder agar bagaimana angka infkasi ini dapat diturunkan kembali disisa beberapa bulan sebelum kalender tahun ini berakhir," tutupnya. 

Halaman:

Editor: Surya Pratama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kuaral III-2022, Ekonomi Provinsi Jambi Tumbuh 5,20%

Selasa, 8 November 2022 | 09:08 WIB
X