• Jumat, 22 September 2023

Ketua DPRD Kota Jambi Tengah Pelajari Proses Pengunduran Diri Syarif Fasha Sebagai Wali Kota Jambi

- Rabu, 24 Mei 2023 | 13:00 WIB
Ketua DPRD Kota Jambi Tengah Pelajari Proses Pengunduran Diri Syarif Fasha Sebagai Wali Kota Jambi (Dok. Jambiprima.com )
Ketua DPRD Kota Jambi Tengah Pelajari Proses Pengunduran Diri Syarif Fasha Sebagai Wali Kota Jambi (Dok. Jambiprima.com )

LIHATJAMBI - Syarif Fasha telah mengajukan surat pengunduran diri sebagai Wali Kota Jambi sebelum mengakhiri masa jabatannya periode 2018-2023.

Sampai saat ini, surat balasan dari Kemendagri belum diterbitkan atas pengajuan pengunduran diri Syarif Fasha sebagai Wali Kota Jambi.

Sebelum terbitnya surat dari Mendagri RI melalui Gubernur Jambi terkait pengunduran diri Syarif Fasha sebagai Wali Kota Jambi, maka proses pengunduran diri itu harus diparipurnakan melalui DPRD Kota Jambi.

Baca Juga: Meski Meraih Opini WTP, Ini Beberapa Permasalahan yang Ditemui BPK RI di Pemerintah Provinsi Jambi

"Tanggal 10 Mei 2023 kemarin, pak wali sudah menyerahkan tebusan pengunduran diri ke DPRD Kota Jambi," kata Ketua DPRD Kota Jambi, Putra Abshor Hasibuan, Selasa (23/5).

Kata Abshor, terkait pengunduran diri itu adalah keinginan Wali Kota Jambi, Syarif Fasha sendiri.

Pengunduran diri tersebut alasan Syarif Fasha akan maju menjadi calon anggota DPR RI.

Baca Juga: Harumkan Nama Indonesia, 7 Atlet Jambi Raih Medali di SEA Games Dapat Bonus Rp 5Juta Dari Gubernur Al Haris

Abshor menjelaskan, berpedoman pada UU 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah pasal 78 huruf b menegaskan bahwa kepala daerah dan atau wakil kepala daerah berhenti karena mengundurkan diri.

Serta UU nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum seperti tercantum dalam 240 ayat 1 huruf k menegaskan juga calon anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota adalah warga negara harus memenuhi persyaratan mengundurkan diri dari kepala daerah/wakil kepala daerah.

"Sebagai syarat sah pengunduran diri itu, harus melalui paripurna dengan agenda Pengumuman Pengunduran Diri sebagai Wali Kota. Ini akan segera kami pelajari, dan secepatnya dilaksanakan paripurna. Karena itu sebagai syarat ke KPU RI," katanya.

Baca Juga: OMG Jambi Dukung Perayaan HUT Masyarakat Transmigran di Kabupaten Tebo

Dalam minggu depan, Abshor menegaskan pihaknya akan melakukan konsultasi ke KPU RI dan juga Kementerian Dalam Negeri agar tidak menyalahi aturan.

Sementara terkait dengan penggantinya (penjabat sementara) DPRD Kota Jambi belum memiliki nama.

Halaman:

Editor: Alpin Rahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X